Kamis, 25 Juli 2019. Asosiasi Alumni Program Beasiswa Amerika – Indonesia (ALPHA-I) bekerjasama dengan Ragam Institute menyelenggarakan “Peluncuran Buku Panduan: Mengenal Anak Disabilitas Psikososial dan Talkshow” di Ruang Rapat Pleno Lt. 3 Gedung Komnas HAM, Jakarta.

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Biro Dukungan Kemajuan HAM, Komnas HAM (Ibu Adante) dan Ketua Umum ALPHA-I sekaligus Ketua Ragam Institute (Bapak Yossa AP Nainggolan) serta dilanjutkan dengan paparan secara singkat mengenai isi buku panduan. Deputi Perlindungan Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, KPPPA RI (Bapak Nahar) juga turut hadir memberikan keynote speech dalam acara tersebut.

Talkshow dalam acara ini menghadirkan 3 pembicara yaitu : Agus Hidayat yang merupakan salah seorang penyintas disabilitas psikososial, Dian Septiani yang merupakan pendamping anak disabilitas psikososial dan Bapak Usman Basuni (Asdep Perlindungan Anak, KPPPA RI) serta dipandu moderator oleh Slamet Raharjo (Ragam Institute).

Para peserta yang hadir dalam acara ini berjumlah 38 orang yang terdiri dari media, organisasi perempuan, organisasi disabilitas, lembaga hukum, USAID, IIEF, organisasi berbasis komunitas dll. Peserta sangat antusias mengajukan pertanyaan dan memberikan pernyataan terkait issue ini.

Kami berharap dengan acanya acara ini dapat mensosialisasikan buku untuk mengenal anak disabilitas psikososial sebagai panduan untuk orang tua dan Keluarga yang minim pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana mengasuh anak dengan disabilitas psikososial dengan baik dan benar.

Diharapkan setelah membaca buku panduan ini, orang tua dan keluarga atau siapapun yang memiliki anak dengan disabilitas psikososial memiliki harapan yang sama sebagaimana orang tua dan keluarga lain bahwa anak disabilitas memiliki cita-cita, dapat hidup mandiri, dan berkontribusi bagi masyarakat, bangsa dan negaranya.