sumber: https://elements.envato.com/different-nationalities-university-graduates-feeli-6QZU5NA

Impian untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri semakin mudah untuk diwujudkan, terutama dengan berbagai macam beasiswa yang ditawarkan. Salah satu beasiswa yang sangat diminati oleh para calon mahasiswa Indonesia adalah Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Saat ini, beasiswa LPDP menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri, khususnya untuk menempuh pendidikan di Amerika Serikat sebagai destinasi pendidikan terbaik di dunia.

Sebelum melangkah lebih jauh, penting untuk memahami secara detail apa itu Beasiswa LPDP dan persyaratan apa saja yang harus dipenuhi. Pelajari segala hal penting tentang beasiswa LPDP, persyaratannya, dan langkah-langkah untuk mewujudkan impian studimu di Amerika Serikat. Jangan lewatkan kesempatan emas ini, temukan jawabannya dalam artikel berikut!

Apa Itu Beasiswa LPDP?

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau yang biasa disebut dengan LPDP adalah lembaga yang bertanggung jawab atas pengelolaan dana abadi pendidikan yang diberikan oleh pemerintah Indonesia. LPDP memiliki amanah untuk mengelola dana abadi seperti Dana Abadi Penelitian, Dana Abadi Kebudayaan, dan Dana Abadi Perguruan Tinggi. Melalui Perpres Nomor 111 Tahun 2021, LPDP telah diberikan kewenangan yang lebih luas untuk berinvestasi baik dalam instrumen jangka pendek maupun jangka panjang, baik di dalam maupun luar negeri. Hasil dari investasi ini dapat digunakan untuk mendukung berbagai kegiatan termasuk pemerataan penerima beasiswa, sesuai dengan komitmen LPDP dalam mendukung pendidikan di Indonesia.

Salah satu bentuk konkrit dari pengelolaan dana tersebut adalah melalui pemberian beasiswa LPDP kepada masyarakat Indonesia yang memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh LPDP. Beasiswa ini mencakup berbagai macam biaya, seperti biaya pendidikan, biaya hidup sehari-hari, tiket pesawat pulang-pergi, dan fasilitas-fasilitas penting lainnya yang diperlukan selama masa studi di luar negeri. Dengan adanya dukungan ini, para penerima beasiswa LPDP dapat fokus sepenuhnya pada pencapaian akademik mereka tanpa harus khawatir akan beban finansial yang dapat menghambat perjalanan pendidikan mereka..

Persyaratan Umum Beasiswa LPDP

Untuk mendaftar beasiswa LPDP, kamu perlu mengetahui persyaratan umum yang diwajibkan bagi pendaftar. Berikut adalah persyaratan umum beasiswa LPDP:

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister; program magister (S2) untuk beasiswa doktor, atau diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor.
  3. Bagi pendaftar dari diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor, wajib memenuhi ketentuan sebagai berikut:
    1. Memiliki Letter of Acceptance (LoA) Unconditional dari Perguruan Tinggi tujuan.
    2. Memenuhi seluruh kriteria sebagai pendaftar program beasiswa Doktor (S3).
  4. Pendaftar yang telah menyelesaikan studi magister (S2) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa magister, dan pendaftar yang telah menyelesaikan studi doktor (S3) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa doktor.
  5. Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, wajib melampirkan tangkapan layar ajuan dan hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
  6. Tidak sedang menempuh studi (on going) program magister ataupun doktor baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri.
  7. Tidak sedang mendaftar, akan menerima, atau menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding selama menjadi penerima beasiswa LPDP.
  8. Pendaftar yang pernah menempuh studi namun tidak menyelesaikan studi pada program magister ataupun doktor baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri dapat mendaftar kembali di jenjang studi yang sama.
  9. Pendaftar yang melampirkan LoA Unconditional dengan waktu mulai studi yang tidak sesuai dengan ketentuan LPDP, wajib melampirkan surat keterangan penundaan jadwal perkuliahan program studi dari Perguruan Tinggi yang diunggah bersamaan dengan LoA Unconditional.
  10. Melampirkan surat rekomendasi sesuai dengan persyaratan masing-masing program yang diterbitkan paling lama 1 (satu) tahun di bulan yang sama dengan waktu pendaftaran beasiswa. Surat rekomendasi dapat disampaikan dengan dua cara yaitu online dan offline.
  11. Bagi pendaftar berstatus PNS, CPNS, TNI, POLRI di semua program beasiswa LPDP, wajib melampirkan surat usulan sekurang-kurangnya pejabat yang membidangi pembinaan SDM di instansi masing-masing.
  12. Memilih Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi sesuai dengan ketentuan LPDP.
  13. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan persyaratan Bahasa sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pada masing-masing program beasiswa.
  14. Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler atau kelas yang ditetapkan oleh LPDP, dan tidak diperuntukkan untuk kelas-kelas sebagai berikut:
    1. Kelas Eksekutif
    2. Kelas Khusus
    3. Kelas Karyawan
    4. Kelas Jarak Jauh
    5. Kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk
    6. Kelas Internasional bagi pendaftar tujuan studi dalam negeri
    7. Kelas yang diselenggarakan di lebih dari 1 (satu) negara perguruan tinggi
    8. Kelas lainnya yang tidak memenuhi ketentuan LPDP
  15. Menyetujui surat pernyataan yang telah disediakan pada aplikasi pendaftaran beasiswa LPDP (poin-poin terlampir).
  16. Menulis profil diri termasuk riwayat pendidikan yang tidak diselesaikan (tidak lulus) pada aplikasi pendaftaran.
  17. Menulis komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia.
  18. Menulis Proposal Penelitian bagi pendaftar program pendidikan doktor.

Persyaratan Khusus Beasiswa LPDP

Selain persyaratan umum di atas, terdapat persyaratan khusus yang harus dipenuhi berdasarkan beberapa ketentuan seperti berikut: 

  1. Batas Usia Pendaftar:
    • Magister: Usia maksimal 35 tahun pada 31 Desember tahun pendaftaran.
    • Doktor: Usia maksimal 40 tahun pada 31 Desember tahun pendaftaran.
  2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK):
    • Magister: IPK minimal 3,00 dari jenjang studi sebelumnya (skala 4,00).
    • Doktor: IPK minimal 3,25 dari jenjang studi sebelumnya (skala 4,00).
    • Pendaftar Doktor dari program Magister tanpa IPK harus lampirkan surat keterangan resmi dari perguruan tinggi asal.
  3. Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris:
    • Magister Dalam Negeri: TOEFL ITP 500, TOEFL iBT 61, PTE Academic 50, atau IELTS 6,0 (berlaku maksimal 2 tahun terakhir).
    • Magister Luar Negeri: TOEFL iBT 80, PTE Academic 58, atau IELTS 6,5 (berlaku maksimal 2 tahun terakhir).
    • Doktor Dalam Negeri: TOEFL ITP 530, TOEFL iBT 70, PTE Academic 50, atau IELTS 6,0 (berlaku maksimal 2 tahun terakhir).
    • Doktor Luar Negeri: TOEFL iBT 94, PTE Academic 65, atau IELTS 7,0 (berlaku maksimal 2 tahun terakhir).
    • Sertifikat TOEFL ITP harus berasal dari lembaga resmi penyelenggara tes di Indonesia.

Dokumen yang Harus Disiapkan

Terdapat beberapa dokumen yang harus dipenuhi untuk dapat mengikuti pendaftaran beasiswa LPDP. Berikut adalah dokumen persyaratan untuk beasiswa LPDP:

  1. Formulir Biodata Online pada Situs Pendaftaran Beasiswa LPDP
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Ijazah S1/S2 (Asli atau Legalisir) atau Surat Keterangan Lulus (SKL)
  4. Transkrip Nilai S1/S2
  5. Dokumen Penyetaraan Ijazah atau Konversi IPK
  6. Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris
  7. Letter of Acceptance (LoA) Unconditional yang Masih Berlaku dan Sesuai dengan Perguruan Tinggi serta Program Studi yang Dipilih
  8. Surat Rekomendasi dari Tokoh Masyarakat atau Akademisi
  9. Surat Pernyataan pada Aplikasi Pendaftaran saat Melakukan Submit secara Online
  10. Surat Usulan dari Pejabat yang Membidangi Pembinaan Sumber Daya Manusia (Hanya untuk Pendaftar PNS/TNI/POLRI)
  11. Komitmen Kembali ke Indonesia, Rencana Pasca Studi, dan Rencana Kontribusi di Indonesia
  12. Proposal Penelitian (Khusus Pendaftar Doktor)
  13. Publikasi Ilmiah, Prestasi Kejuaraan/Non-Kejuaraan, dan Pengalaman Organisasi

Dengan mempersiapkan semua dokumen ini dengan baik, peluang dirimu untuk mendapatkan beasiswa LPDP akan semakin terbuka lebar. Untuk informasi selengkapnya kamu dapat mengunjungi situs resmi dari LPDP yang dapat diakses melalui tautan berikut https://lpdp.kemenkeu.go.id/

Tahapan Seleksi Beasiswa LPDP

Setelah mengumpulkan seluruh dokumen yang diperlukan, kamu juga perlu mengetahui tahapan seleksi beasiswa LPDP sebelum dinyatakan diterima pada beasiswa tersebut.

 

Berikut tahapan seleksi yang harus dilalui pendaftar beasiswa LPDP:

 

  1. Seleksi Administrasi

 

  1. Seleksi Bakat Skolastik

 

  1. Seleksi Substansi

 

Terkhusus bagi peserta yang mendaftar dengan LoA Unconditional yang sesuai dengan ketentuan LPDP dapat melanjutkan ke tahap Seleksi Substansi tanpa mengikuti Seleksi Bakat Skolastik. 

Tips Mendaftar Beasiswa LPDP

1. Persiapkan Seluruh Dokumen dengan Baik

Pastikan semua dokumen dan persyaratan telah disiapkan dengan lengkap dan rapi sebelum mengajukan aplikasi. Periksa keabsahan dan kevalidan setiap dokumen yang akan disertakan.

2. Teliti Syarat dan Ketentuan

Sebelum mengajukan aplikasi, telitilah syarat dan ketentuan yang berlaku untuk program studi yang diminati. Pastikan kamu memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan oleh LPDP.

3. Buat Proposal Studi dan Rencana Kontribusi yang Menarik

Proposal studi yang menarik dan relevan dengan bidang studi yang dipilih akan meningkatkan peluang mu untuk mendapatkan beasiswa. Jangan ragu untuk meminta bantuan dan masukan dari dosen atau ahli di bidang studi.

4. Perhatikan Waktu Pengumpulan

Ketepatan waktu pengumpulan aplikasi sangat penting. Pastikan untuk mengajukan aplikasi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh LPDP agar tidak terlewatkan.

5. Persiapkan Materi Ujian Tes Bakat Skolastik

Teliti materi ujian tes bakat skolastik yang akan diujikan. Pastikan dirimu memahami konsep-konsep dasar dan materi yang akan diuji agar dapat menjawab dengan baik. Berdasarkan pengalaman ujian di tahun-tahun sebelumnya, kamu dapat mempelajari materi terkait penalaran verbal, penalaran kuantitatif dan juga pemecahan masalah. 

6. Latihan Soal-soal Ujian

Latihan secara intensif dengan mengerjakan soal-soal ujian tes bakat skolastik. Gunakan buku-buku latihan atau platform online yang menyediakan latihan soal-soal serupa untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan.

7. Persiapkan Wawancara

Jika kamu telah memiliki LoA Unconditional atau telah lolos seleksi Tes Bakat Skolastik. Kamu dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi wawancara. Berlatihlah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan dengan jelas, singkat, dan meyakinkan. Kenali dirimu dan tujuan pendidikan dengan baik sehingga dapat menjelaskan dengan detail dan penuh keyakinan. Tunjukkan motivasi yang kuat dan komitmen yang tinggi terhadap studi dan kontribusimu di masa depan.

 

Daftar Perguruan Tinggi Amerika yang Bekerjasama dengan Beasiswa LPDP

Berdasarkan Booklet Daftar Perguruan Tinggi Tujuan Luar Negeri Beasiswa Umum Reguler & Parsial 2024, terdapat lebih dari 80 universitas di Amerika yang telah menjalin kerjasama untuk membiayai mahasiswa Indonesia terpilih dengan Beasiswa LPDP. Berikut merupakan daftar universitas tersebut:

 

  1.   Massachusetts Institute of Technology (MIT) 
  2.   Stanford University 
  3.   Harvard University 
  4.   University of California, Berkeley (UCB) 
  5.   Princeton University 
  6.   California Institute of Technology (Caltech) 
  7.   University of Chicago 
  8.   Yale University 
  9.   University of Pennsylvania 
  10. Cornell University 
  11. Columbia University 
  12. Johns Hopkins University 
  13. University of California, Los Angeles (UCLA) 
  14. University of Michigan-Ann Arbor 
  15. New York University (NYU) 
  16. Northwestern University 
  17. University of Washington 
  18. Duke University 
  19. University of California, San Diego (UCSD) 
  20. Carnegie Mellon University 
  21. University of Texas at Austin 
  22. University of Illinois at Urbana-Champaign 
  23. University of Wisconsin-Madison 
  24. Brown University 
  25. University of Southern California 
  26. Georgia Institute of Technology 
  27. University of North Carolina, Chapel Hill 
  28. Boston University 
  29. Purdue University 
  30. Washington University in St. Louis 
  31. University of California, Davis 
  32. University of California, Santa Barbara (UCSB) 
  33. Pennsylvania State University 
  34. Arizona State University 
  35. Art Center College of Design 
  36. Boston College 
  37. California Institute of the Arts 
  38. Colorado School of Mines 
  39. Colorado State University 
  40. Curtis Institute of Music 
  41. Emory University 
  42. Georgetown University 
  43. Icahn School of Medicine at Mount Sinai 
  44. Indiana University Bloomington 
  45. Iowa State University 
  46. Mayo Clinic Alix School of Medicine 
  47. Michigan State University 
  48. Mississippi State University 
  49. North Carolina State University 
  50. Ohio State University 
  51. Oregon State University 
  52. Parsons School of Design at The New School 
  53. Pratt Institute 
  54. Rhode Island School of Design (RISD) 
  55. Rockefeller University 
  56. Rutgers, The State University of New Jersey, New Brunswick 
  57. Savannah College of Art and Design 
  58. School of the Art Institute of Chicago (SAIC) 
  59. School of Visual Arts (SVA) 
  60. Stony Brook University, State University of New York 
  61. Syracuse University 
  62. Texas A&M University 
  63. The Juilliard School 
  64. The University of Arizona 
  65. The University of Tennessee, Knoxville 
  66. The University of Texas M. D. Anderson Cancer Center 
  67. The University of Texas Southwestern Medical Center at Dallas 
  68. University of California, San Francisco 
  69. University of Central Florida 
  70. University of Colorado Boulder 
  71. University of Delaware 
  72. University of Florida 
  73. University of Hawai’i at Manoa 
  74. University of Maryland, College Park 
  75. University of Massachusetts Amherst 
  76. University of Miami 
  77. University of Minnesota 
  78. University of Nevada – Las Vegas 
  79. University of Notre Dame 
  80. University of Pittsburgh 
  81. University of Rochester 
  82. Vanderbilt University 
  83. Virginia Polytechnic Institute and State University 

Mulai Perjalanan Berkuliah ke Amerika bersama “USAID TEMAN LPDP”

Bagi teman yang berminat melanjutkan studi ke Amerika Serikat, kerjasama antara USAID dan LPDP adalah kesempatan emas yang tak boleh dilewatkan. Dengan bantuan program “USAID TEMAN LPDP,” Kamu dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk meraih beasiswa LPDP dan mewujudkan impian kuliah di Amerika Serikat tanpa beban biaya.

“USAID TEMAN LPDP” akan membimbing dirimu dari awal hingga akhir, mulai dari persiapan dokumen yang rapi dan terperinci hingga membantu mempersiapkan wawancara seleksi substansi LPDP dengan percaya diri. Dengan semangat dan dedikasi yang tinggi, impian kuliah di Amerika Serikat dengan beasiswa LPDP dapat menjadi kenyataan.

Untuk informasi lebih lanjut dan bantuan dalam memulai perjalanan studimu, ikuti akun Instagram @usaid.temanlpdp dan jadilah bagian dari komunitas yang mendukung dan membimbing para calon mahasiswa Indonesia menuju masa depan cerah di Amerika Serikat.

 

Related Posts