source: https://www.shutterstock.com/image-photo/blackhaired-woman-studying-library-114474988

Saat ingin memulai berkuliah, seringkali muncul pertanyaan yang menghantui para calon mahasiswa, yaitu apakah lebih baik bekerja terlebih dahulu sebelum melanjutkan pendidikan, atau sebaliknya? Jika kamu menginginkan penghasilan tambahan dan ingin mencari pengalaman terjun ke dunia kerja, kuliah sambil bekerja dapat menjadi jawaban. 

Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi lebih dalam mengenai apakah kuliah sambil kerja di Amerika memungkinkan, manfaat yang bisa diperoleh, syarat yang harus dipenuhi, serta langkah-langkah praktis untuk mencari pekerjaan. Simak terus artikel kali ini ya!  

Apakah Bisa Kuliah Sambil Kerja di Amerika?

Kuliah sambil bekerja merupakan pilihan yang tersedia bagi para mahasiswa di Amerika Serikat. Program ini memungkinkan mahasiswa untuk bekerja sambil mengejar gelar mereka di universitas. Seseorang yang bukan berkewarganegaraan Amerika dapat berkuliah sambil bekerja menggunakan Visa F-1. 

Visa F-1 diberikan kepada siswa yang ingin belajar penuh waktu baik di sekolah tinggi maupun universitas. Bagi siswa tahun pertama yang menggunakan Visa F-1, mereka tidak diperbolehkan untuk bekerja di luar kampus. Namun, setelah menyelesaikan tahun pertama, mereka dapat bekerja sambil kuliah dengan batasan 20 jam per minggu selama semester. Pada liburan panjang, mereka bahkan dapat bekerja hingga 40 jam per minggu.

Bagi siswa yang menghadapi kesulitan keuangan atau harus bekerja, USCIS dapat memberikan izin jika mereka dapat membuktikan bahwa ada lowongan pekerjaan di kampus.

Keuntungan Kuliah Sambil Kerja

1. Pengalaman Kerja

Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman praktis di lapangan sesuai dengan bidang studi mereka, yang dapat meningkatkan kredibilitas mereka di pasar kerja. Pengalaman Kerja adalah salah satu keuntungan utama dari kuliah sambil bekerja. Mahasiswa memiliki kesempatan untuk terlibat dalam pengalaman praktis yang langsung terkait dengan bidang studi mereka.

 Dengan demikian, mereka dapat menerapkan konsep-konsep teori yang dipelajari di kelas ke dalam situasi nyata di lapangan kerja. Hal ini tidak hanya memperkuat pemahaman mereka tentang materi kuliah, tetapi juga meningkatkan kredibilitas mereka di mata calon pemberi kerja di masa depan.

2. Penghasilan Tambahan

Pendapatan menjadi aspek penting lainnya dari kuliah sambil bekerja. Dengan memanfaatkan waktu luang mereka untuk bekerja, mahasiswa memiliki kesempatan untuk menghasilkan pendapatan tambahan. 

Pendapatan ini dapat digunakan untuk membayar biaya kuliah yang semakin meningkat, serta memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti biaya makan, transportasi, dan tempat tinggal. 

Dengan demikian, kuliah sambil kerja membantu mengurangi beban keuangan yang mungkin dirasakan oleh mahasiswa. Dengan bekerja, mahasiswa dapat menghasilkan pendapatan tambahan yang dapat digunakan untuk membayar biaya kuliah atau kebutuhan sehari-hari. 

3. Jaringan Profesional

Interaksi dengan profesional di lapangan kerja dapat membantu mahasiswa membangun jaringan yang berharga untuk karir masa depan. Jaringan Profesional yang dibangun melalui kuliah sambil bekerja adalah investasi berharga untuk masa depan karir. 

Mahasiswa memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan profesional yang sudah berpengalaman di lapangan kerja. Hal ini tidak hanya memberikan wawasan tentang industri tertentu, tetapi juga membantu dalam memperluas jejaring kontak profesional. 

Dengan menjalin hubungan dengan individu yang relevan dalam bidang studi mereka, mahasiswa dapat meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan setelah lulus.

4. Pembelajaran Praktis

Gabungan antara teori yang dipelajari di kelas dan pengalaman praktis di tempat kerja dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa secara menyeluruh. Pembelajaran Praktis yang diperoleh melalui kuliah sambil bekerja merupakan kombinasi yang sempurna antara teori dan praktik. Mahasiswa tidak hanya belajar di dalam kelas, tetapi juga memiliki kesempatan untuk menerapkan konsep-konsep yang dipelajari dalam situasi nyata di tempat kerja. 

Pengalaman ini memperdalam pemahaman mereka tentang materi kuliah dan membantu mengembangkan keterampilan yang diperlukan dalam dunia kerja. Dengan demikian, mahasiswa keluar dari program kuliah dengan pemahaman yang lebih menyeluruh dan keterampilan yang lebih terasah untuk meraih kesuksesan di masa depan.

Syarat Kuliah Sambil Kerja di Amerika

1. Terdaftar Sebagai Mahasiswa Aktif 

Status mahasiswa penuh waktu adalah salah satu syarat utama untuk mengikuti program kuliah sambil bekerja di Amerika Serikat. Ini berarti bahwa mahasiswa harus terdaftar sebagai mahasiswa penuh waktu di institusi pendidikan yang mereka pilih. Dengan menjaga status ini, mahasiswa dapat memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh lembaga pendidikan dan memenuhi syarat untuk mengambil bagian dalam program tersebut. 

2. Visa yang Mengizinkan Mahasiswa Bekerja 

Mahasiswa internasional perlu mendapatkan izin kerja khusus yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan dan pemerintah AS. Izin kerja mahasiswa menjadi hal yang sangat penting, terutama bagi mahasiswa internasional yang ingin kuliah sambil bekerja di Amerika Serikat. 

Mahasiswa internasional perlu mendapatkan izin kerja khusus yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan tempat mereka belajar dan oleh pemerintah Amerika Serikat. Izin kerja ini memastikan bahwa mahasiswa mematuhi aturan dan regulasi yang berlaku di negara tersebut dan dapat secara legal bekerja selama mereka mengejar gelar mereka.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

1. Keseimbangan Waktu

Mahasiswa perlu memastikan bahwa mereka dapat mengelola waktu antara kuliah dan pekerjaan dengan baik untuk menghindari kelelahan atau kinerja akademik yang buruk. Mengelola keseimbangan waktu dengan baik adalah kunci sukses dalam menjalani kuliah sambil bekerja di Amerika Serikat. 

Mahasiswa harus memastikan bahwa mereka mampu mengatur waktu antara kuliah dan pekerjaan dengan bijaksana untuk menghindari kelelahan yang berlebihan atau dampak negatif pada kinerja akademik mereka. Ini melibatkan perencanaan yang cermat, pengaturan jadwal yang efisien, dan kemampuan untuk mengidentifikasi prioritas yang tepat dalam setiap aspek kehidupan mereka. 

Dengan keseimbangan yang tepat, mahasiswa dapat menghadapi tantangan dengan lebih baik dan meraih kesuksesan baik dalam studi maupun karier.

2. Ketentuan Visa dan Universitas

Pentingnya memahami ketentuan visa tidak bisa diabaikan, terutama bagi mahasiswa internasional yang ingin kuliah sambil bekerja di Amerika Serikat. Mahasiswa perlu memahami dengan jelas ketentuan visa dan juga peraturan dari universitas mereka untuk memastikan bahwa pekerjaan yang mereka ambil sesuai dengan aturan yang berlaku. 

Melanggar ketentuan visa bisa berakibat serius, termasuk deportasi atau larangan masuk ke negara tersebut di masa depan. Oleh karena itu, mahasiswa internasional harus berkomunikasi dengan baik dengan lembaga pendidikan dan pihak berwenang terkait untuk memastikan bahwa mereka mematuhi semua persyaratan visa dan menghindari masalah yang tidak diinginkan.

Cara Mencari Kerja di Amerika

1. Job Boards

Job Boards merupakan sumber informasi utama bagi mahasiswa yang mencari pekerjaan sambil kuliah di Amerika Serikat. Banyak lembaga pendidikan memiliki situs web khusus yang didedikasikan untuk menampilkan daftar pekerjaan yang tersedia bagi mahasiswa. 

Melalui platform ini, mahasiswa dapat mencari berbagai jenis pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keterampilan mereka, serta mendapatkan informasi terkini tentang peluang kerja yang tersedia di sekitar kampus mereka. Contoh portal job boards adalah LinkedIn, Indeed, atau Glassdoor. 

2. Career Services

Selain itu kamu dapat memanfaatkan fasilitas Career Services yang disediakan oleh universitas untuk mendukung mahasiswa dalam mencapai tujuan karir mereka. Melalui layanan karier ini, mahasiswa dapat memperoleh informasi yang berguna tentang peluang kerja, pembaruan industri, dan strategi pencarian kerja yang efektif. 

Selain itu, mahasiswa juga dapat memanfaatkan bimbingan dan konseling karir yang disediakan oleh para profesional terlatih untuk membantu mereka merencanakan dan mencapai tujuan karir mereka.

3. Networking

Networking merupakan strategi yang sangat efektif dalam mencari pekerjaan sambil kuliah di Amerika Serikat. Mahasiswa dapat bergabung dengan berbagai acara dan kelompok yang relevan dengan bidang studi atau industri yang diminati untuk memperluas jaringan profesional mereka. 

Dengan terlibat dalam kegiatan ini, mahasiswa memiliki kesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dengan para profesional di lapangan kerja, mendapatkan wawasan tentang tren industri terkini, serta mendapatkan referensi atau rekomendasi yang dapat meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Pengalaman Menarik Kuliah dan Bekerja di Amerika

Dapatkan pengalaman praktis, pendapatan tambahan, dan jaringan profesional yang berharga sambil mengejar gelar Anda. Jangan ragu untuk menjelajahi berbagai program kuliah sambil bekerja yang ditawarkan oleh universitas di Amerika Serikat dan mulailah langkah menuju masa depan yang cerah sekarang! 

Kuliah sambil bekerja di Amerika Serikat bisa menjadi pilihan menarik bagi para calon mahasiswa internasional. Dengan mempertimbangkan keuntungan, persyaratan, dan cara mencari kerja, mahasiswa dapat membuat keputusan yang terinformasi untuk meraih impian pendidikan dan karier di Amerika.

Related Posts