Berproses, Berprogres!

Be The Change You Wish To See In The World” (Kadek Ridoi Rahayu)

Dewasa ini, begitu banyak anak-anak Indonesia yang kehidupannya jauh dari sejahtera. Terpanggil akan kondisi itu, Kadek Ridoi Rahayu atau yang akrab disapa KadekDoi bersama teman – teman Duta Anak di Bali menginisiasi pembentukan Forum Anak Daerah Provinsi Bali (FADBALI).

Besar dilingkungan yang terlibat langsung dalam perkembangan pariwisata di Bali, KadekDoi melihat anak – anak di Bali perlu mendapat perhatian lebih akan hak – hak dan kesejahteraan hidupnya. Mata dan pikiran KadekDoi semakin terbuka kala berkenalan dengan Ibu Nyoman Masni-Ketua Lembaga Perlindungan Anak di Bali. “Ibu Masni ‘mengasuh’ saya saat SMP benar-benar membuka mata dan pikiran saya, bahwa anak – anak Bali harus tahu hak-haknya dan mampu memperjuangkan untuk dapat hidup dengan layak,”ujar kadekDoi.

Perjuangan KadekDoi dimulai dari mengikuti Kongres Anak Indonesia tahun 2005 dan terpilih menjadi Duta Anak Indonesia. “Bersama LPA Bali saya mulai aktif memberdayakan diri dalam isu pencegahan kesehatan seksualitas pada anak, pendidikan dan partisipasi anak serta isu kesehatan anak,”kata KadekDoi.

Di tahun 2016, KadekDoi dan teman – teman Duta Anak Bali menginisiasi pembentukan Forum Anak Daerah Propinsi Bali (FADBALI), sebagai wadah penampung aspirasi dan motor penggerak advokasi serta sosialisasi hak -hak anak di Bali.

“Di tahun 2007, sepak terjang saya dan teman – teman mendapat apresiasi dari UNICEF, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Dalam perayaan Hari Anak Nasional, Presiden RI memberikan saya penghargaan sebagai Pemimpin Muda Indonesia,”paparnya.

Kecintaan KadekDoi di dunia anak memantapkan langkahnya untuk menempuh pendidikan promosi kesehatan di Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Bali. Masa-masa kuliah menjadi ajang menempa diri serta meraih segudang prestasi bagi KadekDoi.

“Saya terpilih menjadi Juara 1 Jegeg Bagus Gianyar yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata kab Gianyar. Dalam masa tugas, saya selalu berusaha menyelipkan pentingnya perlindungan anak dari bahaya pedofilia, HIV/AIDS atau IMS serta jaminan hak anak untuk belajar dan bermain. Selain itu, kampanye pendidikan khususnya bagi perempuanpun semakin saya sebarkan ketika saya didaulat menjadi Duta Pendidikan Puteri Kampus Ajeg Bali, pada tahun 2010,”cerita KadekDoi.

Keinginan untuk berkarya di kesehatan masyarakat serta passion untuk anak, mendorong KadekDoi melanjutkan pendidikan S2 keluar negeri. “Untuk pertama kalinya saya mencoba beasiswa Prestasi USAID studi Pasca Sarjana (Master of Public Health, MPH) dengan konsentrasi Community Health Education, di New Jersey, USA oleh USAID,”paparnya. Selama 20 bulan atau hampir dua tahun berkuliah di Montclair, KadekDoi memanfaatkan waktu luang dengan aktif berorganisasi dan membangun relasi.

“Sebagai warga Bali dirantau, saya aktif mengikuti kegiatan budaya dan keagamaan bersama warga Banjar Bali di Washington DC sebagai bentuk penawar rindu. Selain itu saya juga ikut program One to World di New York City dan beberapa program sukarelawan seperti bersih – bersih pantai di Coney Island serta ikut program tinggal bersama warga lokal saat thanksgiving di Connectitut dan Easter di Pensylvania,”ceritanya.

Tidak hanya aktif berorganisasi dan menimba ilmu di Amerika, KadekDoi juga mencetak beberapa prestasi dengan menjadi finalis dalam seleksi Ambasador’s Award for Excellence oleh KBRI Washington DC dan menerima penghargaan dari kampus sebagai Academic Excellence Award in Public Health.

Setelah menyelesaikan gelar master di Montclair Amerika, dia bekerja sebagai Health Promotion & Community Education di Udayana One Health Collaborating Center (OHCC), Universitas Udayana, Bali. Saat ini dia sedang fokus dalam upaya membangun kolaborasi kesehatan masyarakat di Bali dengan menggunakan pendekatan One Health. Dia yakin kesehatan masyarakat yang prima dimana poin kesehatan anak didalamnya, akan tercapai jika kolaborasi dan sinergis berbagai macam pihak dapat dilakukan. Dengan segudang prestasi dan kiprahnya dalam mempromosikan hak – hak anak, KadekDoi menyampaikan sejumlah pesan penting bagi generasi muda yang sedang mengejar mimpi termasuk mencari beasiswa keluar negeri.

“Anak dengan pendidikan karakter yang baik akan membawa bangsa ini menjadi lebih baik, kitalah yang menentukan apakah proses itu akan menjadi ilmu atau hanya bayang semu. Beranilah mencoba dan belajarlah selalu,”pungkasnya (penulis:elgawaty).