Share to your social network

Ridwan (dikenal sebagai Ridwan al-Makassary) adalah seorang peneliti / koordinator peneliti dan dosen dengan lebih dari lima tahun pengalaman melakukan penelitian, pelatihan dan mengajar di Indonesia. Ridwan  telah menulis lebih dari 10 buku sebagai penulis dan rekan penulis, lebih dari 100 artikel di koran, majalah dan jurnal akademis, baik yang diterbitkan maupun yang tidak diterbitkan. Saya telah menghadiri lebih dari 3 program pertukaran multikultural, serta menghadiri lebih dari 50 pelatihan, lokakarya, dan konferensi nasional dan internasional, sebagai peserta, komite, narasumber, pelatih dan fasilitator. Spesialisasi meliputi: sosiologi, peacebuilding dan resolusi / manajemen konflik, hak asasi manusia, demokrasi dan agama.

 

Salah satu penelitiannya yaitu tentang Insiden Tolikara 17 Juli 2015 yang di selenggarakan oleh Forum Pemimpin Agama. Disisi lain Ridwan juga Menjadi Kordinator penelitian tentang Kebijakan Publik tentang Identitas Konflik di Jayapura berdasarkan sistem laporan Kekerasan Nasional yang di lakukan oleh Lembaga PAPEDA.

Ridwan Juga menjadi salah satu orang yang mendapat kesempatan pada Program Pertukaran Muslim (MEP) Australia-Indonesia 2014. Ridwan mengemban pendidikan Religious Pluralism and public Presence di  University of California Santa Barbara (UCSB) in California, USA.

Artikel yang di tulis oleh Ridwan sangat menginspirasi masyarakat dan menjadi suatu penelitian yang sangat berarti untuk kemajuan Masyarakat dan bangsa Indonesia. Dan beberapa buku yang di tulisnya sendiri maupun bersama rekan sesama penulis lainnya juga menjadi yang terbaik. Berikut beberapa buku yang ditulisnya ”Demokratisasi, Konflik Sosial, dan Pemilu 2004 di Maluku Konflik sosial dan Pemilu 2004 di Maluku”, di Philips J. Vermonte (ed), Konflik dan Pemilu. Keterlibatan Masyarakat dalam Pemilu 2004 di Empat Daerah Konflik Pasca di Indonesia. Jakarta: Interseksi dan Tifa Foundation, 2005.

Terorisme Berpakaian sebagai Agama, buku yang diterbitkan oleh CLC dan Kondrad Adenauer Stiftung, Jakarta, 2003.

 

Penulis Kematian Manusia Modern: Alasan dan Kebebasan menurut C. Wright Mills. Yogyakarta, UII Press, Mei 2000

 

Penulis “Surga Komunal Islam Fundamentalis di Indonesia”, di Hikmat Budiman dan Landry H. Subianto (eds), Komunalisme dan Demokrasi. Jakarta: Interseksi dan The Japan Foundation, Maret 2003

 

Penulis, “Bibit Neo-Fundamentalisme Islam di Masjid Kantor Jakarta”, 2014, Aman Bangkok Thailand

No votes yet.
Please wait...