Share to your social network

Wendi Wijarwadi  berasal dari Cianjur, Jawa Barat. Saat ini sedang merintis lembaga bernama ‘Qultura’ yang berfokus pada penguatan tata kelola lembaga pendidikan dan lembaga non profit. Dalam kapasitasnya tersebut, Wendi seringkali diundang sebagai pembicara pada forum-forum yang berkaitan dengan kependidikan dan pengembangan keorganisasian.
.
Wendi mengenyam pendidikan Magister pada Faculty of Education and Human Development, University of Minnesota, Twin Cities, USA pada tahun 2015-2017. Bidang konsentrasi yang diambil adalah pengembangan SDM dan Program Evaluation. Pada jenjang tersebut, penelitian yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Teacher Professional Collaboration dan Professional Learning Community pada guru-guru di Indonesia. Pada tataran internasional, praktik tersebut menjadi salah satu indikator penting bagaimana sebuah negara meningkatkan kualitas pendidik dan kualitas pendidikannya.
.
Wendi juga berpengalaman dalam melaksanakan evaluasi program pada beberapa lembaga di Minnesota seperti the Raptor Center of University of Minnesota, TRIO University of Minnesota (lembaga pemberdayaan anak-anak dari kalangan marginal dan kurang beruntung di Minnnesota), dan Program Learning Tree (sebuah program konservasi lingkungan yang didanai pemerintah negara bagian Minnesota). Misalnya, Wendi menjadi evaluator utama pada the Raptor Center, lembaga nirlaba dibawah naungan University of Minnesota, yang fokus pada penyelamatan Raptor. Fokus evaluasi adalah mengukur dampak program pendidikan organisasi terhadap kesadaran masyarakat untuk melestarikan dan melindungi hewan-hewan yang masuk kategori Raptor.
.
Semenjak pulang ke Indonesia, Wendi beberapa kali terlibat dalam kegiatan yang dilakukan oleh Alpha-I seperti National Meeting 2017 dan Workshop Pengembangan Organisasi dan Evaluasi yang diadakan oleh Penala Sinergi, USAID, dan Alpha-I. Selain itu, kesempatan berjejaring dengan akademisi dari lintas negara juga tak luput dilakukan. Januari 2018, Wendi berkesempatan untuk mempresentasikan hasil penelitiannya pada forum ICSEI (International Conference on School Effectiveness and Improvement) yang dihelat di Kampus National Institute of Education, Nanyang Technological University. Forum itu merupakan forum tahunan yang digelar oleh akademisi lintas negara yang memiliki perhatian pada pengembangan lembaga pendidikan, pengembangan kualitas guru, dan peningkatan pendidikan.
.
Sehari-hari, Wendi menjalankan tugas sebagai auditor pada Kementerian Agama. Pengalaman dan bidang keilmuan yang dipelajarinya selama di Amerika diharapkan mampu membawa dampak positif bagi pengembangan kinerja lembaga tempat dia bernaung saat ini. Dalam hidup, Wendi memiliki filosofi hidup yang sederhana namun ‘makjleb’, Dream Big, but Start Small, and make it happen.

 

No votes yet.
Please wait...