Share to your social network

pernyataan sikap alphaiAsosiasi Alumni Program Beasiswa Amerika – Indonesia (ALPHA-I) menegaskan ketidaksetujuannya atas Perintah Eksekutif yang dikeluarkan pada tanggal 27 Januari 2017, dengan tajuk “Melindungi Negara dari MasuknyaTeroris Asing ke Amerika Serikat.” Perintah ini bertentangan dengan prinsip dasar kemanusiaan, kebebasan, dan kesetaraan yang menjadi landasan demokrasi di AS dan seluruh dunia. Perintah ini juga berpotensi menimbulkan diskriminasi, pelabelan, dan profiling terhadap semua komunitas serta berpotensi memperdalam jurang politik eksklusif dan permusuhan yang selama ini dijembatani oleh para pemimpin politik, cendekiawan, dan aktivis di seluruh dunia.

Sebagai cendekiawan, aktivis, dan profesional yang mendapatkan pendidikan di universitas-universitas AS, kami meyakini bahwa perintah tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai masyarakat Amerika. Kami belajar bahwa keramah-tamahan bangsa Amerika merupakan pengalaman yang sangat mendalam bagi kami selama kami belajar di sana dan dengan cara itulah kami bertemu, belajar, dan bertukar pikiran dengan siswa-siwa dan para pengajar di kampus-kampus Amerika.

ALPHA-I terus bekerja untuk mempromosikan dan memperdalam pemahaman akan ide, norma, perilaku yang mendorong terbentuknya persatuan dalam keberagaman, masyarakat yang inklusif, dan komunitas yang aman – sebuah prinsip yang telah lama dianut baik oleh orang Indonesia maupun Amerika. Karenanya, ALPHA-I menganggap Perintah Eksekutif ini justru berlawanan dengan usaha kami menegakkan prinsip ini.Sehubungan dengan itu, ALPHA-I mendukung mereka yang melawan Perintah Eksekutif dan menuntut dibentuknya masyarakat yang inklusif di seluruh dunia.

Sebagai sebuah organisasi, ALPHA-I juga menaruh perhatian pada mahasiswa Indonesia dan berbagai komunitas yang tinggal di AS dan meminta misi diplomatik Indonesia di AS untuk menjamin keselamatan dan memberikan mereka bantuan dan dukungan yang layak. ALPHA-I berharap bahwa Perintah Eksekutif ini tidak akan mempengaruhi hubungan antara AS dengan Indonesia, dan kedua belah pihak terus mengembangkan kemitraan di bidang pertumbuhan ekonomi, lingkungan, kesehatan, pendidikan, demokrasi, hak asasi manusia, dan tata kelola pemerintahan.

No votes yet.
Please wait...